Perancis, Negara Seribu Wine




Apa yang terbayang dalam benak sobat semua saat pendengar kata PERANCIS ? Hm… pastinya Menara Eiffel, romantis, eropa, Anggun C. Sasmi dan wine. Yup wine adalah minuman kebanggaan dari orang-orang Perancis, saking kecanduannya orang Perancis dengan wine seperti menjadi salah satu minuman pokok selain air putih (l’eau mineral), kalo di Indonesia sama dengan minum jamu barang kali ya hehehe. 

Sejarah wine sendiri sudah sangat lama dan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari Negara Perancis sendiri. Wine dikenal sejak jaman sebelum masehi, saat wilayah Perancis masih di bawah Kekaisaran Romawi, tradisi memproduksi wine ini terus berkembang sampai sekarang. Siapa yang tidak mengenal wine Perancis yang enak dan bercita rasa tinggi. Perancis bukan satu-satunya negara penghasil wine, selain Perancis negara-negara di Eropa lain juga memproduksi wine, namun gak tau kenapa wine Perancis lah yang terkenal. Mungkin karena tanah di Perancis sangat cocok untuk memproduksi anggur kali ya.

Wine itu terbuat dari apa sih sob ?

Wine adalah salah satu minuman beralkohol, jika di Indonesia, banyak sekali minuman beralkohol yang oplosan alias dari alcohol yang bukan untuk minuman sehingga banyak menimbulkan korban jiwa (lha iya lah alcohol untuk luka diminum, yo modar hehehe) maka wine terbuat dari anggur. Yup tanaman anggur yang di fermentasi yang diambil sari atau gula kemudian diperam.


Ada beberapa macam wine
Ada beberapa macam wine yang di kenal, di Perancis yang paling terkenal adalah Red Wine alias bahasa Indonesia-nya anggur merah (inget lagunya Meggy Z nih), tapi ada banyak jenis wine, antara lain :
  • Red Wine adalah wine yang dibuat dari anggur merah (red grapes).
  • White Wine adalah wine yang dibuat dari anggur putih (white grape). 
  • Rose Wine adalah wine yang berwarna merah muda atau merah jambu yang dibuat dari anggur merah namun dengan proses ekstraksi warna yang lebih singkat dibandingkan dengan proses pembuatan Red Wine.
  • Sparkling Wine atau Champagne adalah wine yang mengandung cukup banyak gelembung karbon dioksida di dalamnya, Champagne sangat khusus karena hanya dibuat dari anggur yang tumbuh di desa Champagne dan diproduksi di desa Champagne yang boleh disebut dan diberi label Champagne. Keren ya !
  • Sweet Wine adalah wine yang masih banyak mengandung gula sisa hasil fermentasi sehingga membuat rasanya menjadi manis.
  • Fortified Wine adalah wine yang mengandung alkohol lebih tinggi dibandingkan dengan wine biasa antara 15% hingga 20.5%, karena rata-rata alohol di wine biasa hanya 12%.

Aturan minum wine
Untuk merasakan sensasi minum wine yang benar ya ikuti aturan minumnya, gak asal teguk minum glek...glekk...saja hehehe, sejauh pengalaman saya (maaf ya jika berbeda dengan pengalaman teman-teman lain), yang pasti red wine biasanya teman untuk makan daging. Sedangkan white wine untuk campuran teman makan ikan. Perhatian keras, setelah minum wine jangan minum bir, jika teman-teman tidak mau mabuk atau hang overYa kira-kira itu saja macam-macam wine yang saya temui di Perancis sampai saat ini, nanti akan saya tambah artikel lagi tentang Perancis. Semoga bermanfaat. Au revoir !

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan sobat berkomentar bebas di kolom komentar, asal jangan spam dan komentar yang menyinggung perasaan orang lain, ras, agama, mengganggu hubungan orang lain dan lain sebagainya, komentar terunik akan mendapat hadiah (ngarep... hehehe), dah intinya komentar aja yang bebas tapi sopan

Tulisan laen yang kagak jelas