Mengunjungi Museum Louvre (Bagian 4 - Tamat)


Lukisan Monalisa atau La Joconde dalam bahasa Perancis
Ini episode terakhir dari 4 episode Mengunjungi Museum Louvre, di episode kali ini gue mau cerita soal lukisan, Kalo di Indonesia maestro pelukis kita Raden Saleh pada masa kolonial, trus ada Joko Pekik, Basuki Abdullah, Affandi dan lain-lain, maka di eropa sana lukisan sudah berkembang sejak abad ke 15 masehi dan mencapai puncak kejayaan pada abad ke 18 masehi (tiap negara beda-beda ya), pantes aja yahud-yahud hasil karyanya, dah lama bro.

Seperti cerita gue sebelumnya kalau para pelukis dari Italia di tempatkan di hall Denon, maka para pelukis Perancis seperti  karya Jean-Baptiste Greuze, François-Hubert Drouais, Claude Joseph Vernet, Louis-Léopold Boilly dan pelukis favorite gue Jacques-Louis David (sorry gak bisa gue sebutin satu-satu banyak banget bro pelukis Perancis, wajar aja mungkin orang-orang Perancis punya cita rasa seni yang tinggi ya, sudah keturunan) di tempatkan di hall Richelieu. Gue bisa menghabiskan waktu berjam-jam di hall ini, karena gue suuuuukkkkaaaa banget. Gue paling suka lukisan-lukisan tentang Napoleon Bonaparte, itu lho Kaisar Perancis yang menaklukkan banyak negara, istilah yang gue pake Napoleon setingkat dengan Alexander Yang Agung deh. Sangat heroik banget lukisannya. Nih dua lukisan favorite gue. Keren banget ya. 
Napoleon Bonaparte melintasi Pegunungan Alpen
karya pelukis Jacques-Louis David 
Karya Jacques-Louis David yang paling fenomenal menurut gue kaya, lukisan dibawah ini bro, bayangkan napoleon dilukis dengan ukuran sebenarnya, kebayang kan gedenya lukisan itu ukurannya 6,21m × 9,79m . Gue sampe geleng-geleng kepala deh, berapa banyak cat minyak yang di pake hehehe. 
Penobatan Napoleon Bonaparte menjadi kaisar
karya pelukis Jacques-Louis David 
Lukisan Napoleon Bonaparte yang lain saat perang
Ruang pamer lukisan Perancis
Lukisannya gede banget
kalo yang ini gue lupa judulnya hehehe
Setelah puas liat-liat lukisan, lanjut keruangan yang lain bro, disini ada ruangannya Napoleon III, Presiden Republik Perancis yang pertama bro memerintah dari10 Desember 1848 sampai 2 Desember 1851, terus menjabat lagi 2 Desember 1851 sampe 2 Desember 1852. Trus ada pergolakan dan Perancis jadi Kekaisaran lagi, Napoleon III adalah gelarnya, kekuasaannya dari tanggal 2 Desember 1852 sampe 4 September 1870. 
Ruangan Napoleon III
di ruangan ini lukisan Napoleon III dan istri
Ruang makannya
Kursinya kayanya empuk banget, gak boleh didudukin ya
Selain koleksi artefak, bangunan Museum Louvre juga gak kalah cantik lho, banyak ukiran-ukirannya, wajar saja karena dulunya merupakan istana dari raja-raja Perancis. Tahun 1682, Raja Louis XIV memutuskan pindah ke Istana Versailles sebagai tempat kediamannya sehingga Museum Louvre berubah fungsi menjadi tempat penyimpanan berbagai koleksi kerajaan. Liat aja langit-langit museum penuh dengan lukisan yang cantik.
Langit-langit Museum Louvre, cantik banget ya
Luar museum. cerah banget
Keren abis, speechless dah 
Ok sekian dahulu artikel tentang Mengunjungi Museum Louvre, cukup panjang memang sampai 4 episode, karena gue juga nulis pas waktu luang aja. Lain waktu gue akan membahas museum yang lain. D'accord. Au revoir !


TAMAT/FIN/END

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan sobat berkomentar bebas di kolom komentar, asal jangan spam dan komentar yang menyinggung perasaan orang lain, ras, agama, mengganggu hubungan orang lain dan lain sebagainya, komentar terunik akan mendapat hadiah (ngarep... hehehe), dah intinya komentar aja yang bebas tapi sopan

Tulisan laen yang kagak jelas