Pilih-pilih kartu telpon di Paris; prabayar ato paska bayar



Kali ini gue mau share pengalaman soal nelpon di Paris. Pastinya dong kalau kalian semua gak bisa lepas sekarang ini dari yang namanya internet dan media sosial. Eksis itu wajib hehehe, yang pasti pas kalian ke paris pengennya langsung upload foto, apalagi kalo dah photo ditempat-tempat yang membuktikan kalo kalian sudah pernah menginjakkan kaki ke Paris. Menara Eiffel, Champs De Elysees, Arc De Triomphe, Zara, Louise Vuitton, Museum Louvre dan tempat-tempat eksotis lainnya di Paris. Yuk... maju mundur cantik hehehehe

Pastinya kalo kalian pake provider dari telpon-telpon Indonesia, kalian bakalan kena sport jantung, alias pulsa dihisap dengan kecepatan cahaya hehehe, tiba-tiba aja habis. Makanya tulisan gue kali ini akan membahas masalah cuap-cuap dan kirim-kirim informasi, gue mau kasih tips buat tetap eksis and terhubung dengan internet walaupun kalian berada di luar negeri.

Di Perancis sendiri sama kaya’ di Indonesia, ada kartu prabayar ada juga yang pake abodement bulanan. Tinggal pilih aja, tips gue kalau kalian cuma beberapa hari di Paris alias turis, kalian bisa beli kartu prabayar, nanti akan gue jelasin. Kalau kalian adalah mahluk-mahluk yang akan bermukim cukup lama, saran gue sih minimal 6 bulan lebih biar gak ribet urusan abodement kalau mau stop (tau lah Perancis ketat banget soal administrasi) gue saranini pake yang abodement aja. Nanti gue ceritain kelebihan dan kekurangannya. D’accord.


KARTU PRABAYAR

Untuk kartu prabayar di Perancis ada banyak operator komunikasi yang bermain di segmen ini, tau lah Perancis no satu untuk memanjakan turis. bahkan jumlah turis yang datang pertahun melebihi jumlah populasi penduduk Perancis (aje gileee banget ya hehehe). Gue akan jelasin satu per satu kartu-kartu sakti yang bikin kalian tetap eksis di jagat maya alias di dunia astral. Saran gue yang wajib kalian ikuti, kalau mau beli kartu telepon inget ya belinya di Tabac (Toko Rokok), jangan di Pharmacy hehehe gak bakalan ketemu, siapin Passport bukan password hehehe karena kartu bakalan di daftarkan online lewat website, kalau belum daftar kartu gak bisa di pake. Kartu-kartu telpon prabayar tersebut adalah :
  • Lyca
Lyca jaringannya ada dimana-mana di Negara Eropa (Austria,  Australia, Belgium, Denmark, Perancis, Jerman,Irlandia, Italia, Belanda, Norwegia, Polandia, Portugal, Romania Spanyol, Swedia Switzerland United Kingdom (UK) dan Amerika Serikat (AS)). Menurut gue kartu ini lumayan murah untuk kartu prabayar. Tiap bulan kadang kebijakan berbeda-beda, kadang ada promo kadang juga ada pembagian SIM card gratis, kalo beruntung gak perlu beli SIM card hehehe. Pilih paket yang kalian mau pilih paket cuap-cuap atau pilih paket data, atau bisa juga pilih kedua paket. Mana yang jadi kebutuhan kalian.
Website Lyca Mobile
tarif menelpon ke Indonesia

  • Lebara
Lebara ya  bukan Lebaran hehehe, merupakan saingan berat Lyca. Jaringannya tersebar di Eropa, Arab Saudi  dan  Australia, bagi kalian yang gak ngerti bahasa Inggris, Lebara ternyata ada bahasa Indonesianya diwebsitenya lho, kalian bisa cek. Sama murahnya kaya Lyca, trus cara daftarnya juga sama.
Website lebara bahasa Indonesia
Tarif lebara

  • Syma
Provider dari Perancis, gue belum pernah coba sih, tapi kalo di liat dari websitenya juga murah untuk nelpon dari Perancis ke Indonesia. Gak ada informasi apapun dalam bahasa Inggris Cuma bahasa Perancis aja, jadi kalian bisa belajar bahasa Perancis juga kalo mau hehehe. Murah juga, tapi gue gak ada pengalaman pake Syma jadi gak tau kualitasnya.
Tarif nelpon ke Indonesia
Pilih paket nelpon

KARTU PASKA BAYAR

Untuk Kartu pasca bayar, kalian harus punya rekening bank dulu buat mendebet pembayaran perbulan dan alamat yang jelas untuk surat-menyurat. Ada beberapa provider telpon yang gue tau. Antara lain
  • Free mobile
Nih provider yang gue pake selama gue di Perancis, favotite gue, bayangin aja gue Cuma bayar 2 Euro per bulan untuk pake kartu ini. Yup 2 Euro aja alias 30 Ribu Rupiah hehehe. Memang sih banyak yang di pangkas, kaya’ gak ada internet, telpon gratis 2 jam aja perbulan. Tapi berhubung gue gak perlu internet (di apartement gue sudah ada sambungan internet) trus gue gak banyak nelpon, paling SMS doang (nah kalo SMS gratis sepuasnya sampe jebol HP gak bayar hehehe). Selain paket ekonomis ada juga paket Premiumnya pake Internet, trus pake TV kabel juga ada. Ada juga paket handphone plus kartu dimana ada perjanjian harus di pake selama 1 atau 2 tahun kartunya.

jangauan negara yang dapat ditelpon oleh Free mobile
harga Paket Free mulai dari 2 Euro perbulan

  • Bouygues
Gak jauh berbeda dengan Free mobile, ada juga paket ekonomis dan premium. Trus ada paket handphone plus kartu juga, juga ada yang jual handphone-handphone bekas pakai atau tarikan lho hehehe, cek aja ke tokonya langsung.
Pilihan paket kartu SIM plus handphone

  • Orange
Gak jauh berbeda dengan Free mobile dan Bouygues, ada juga paket ekonomis dan premium. Trus ada paket handphone plus kartu juga. Katanya sih provider paling mahal, tapi gak tau juga gak pernah pake hehehe.
Pilihan paket kartu SIM plus handphone
Kalau kalian nanya gue mana yang bagus, ya bagus semua tinggal pilih sesuai kebutuhan dan isi dompet dan kemampuan kalian, karena tiap orang beda-beda.

OK itu aja dulu ya. Au revoir

NB : paket sewaktu-waktu dapat berubah sesuai kebijakan masing-masing perusahaan telephone. Lebih baik untuk cek terlebih dahulu OK.

3 komentar:

  1. Kak , numpang tanya

    kalau kita sdh beli sim card lebara di perancis

    apa sim card tersebut bisa dipasangkan ke dalam modem wifi seperti Huawei E5330?

    kedua, misal sim card lebara tadi dibawah ke Belanda

    apa dikenakan tarif roaming dari Lebara atau gimana ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jujur saja aq belum pernah mencoba memasang sim card ke modem, karena di HP sudah ada tethering wifi. Jadi aq gak bisa jawab pertanyaan pertama.

      Biasanya kalau antar Lebara tidak dikenakan tarif roaming, tetapi jika menelpon diluar Lebara di negara yang bukan mengeluarkan kartu akan dikenakan tarif roaming.

      Hapus
  2. Kalo kartu yang bisa dipake keliling eropa, ada ga? Tanpa perlu registrasi atau bayar lagi. Thank you.

    BalasHapus

Silakan sobat berkomentar bebas di kolom komentar, asal jangan spam dan komentar yang menyinggung perasaan orang lain, ras, agama, mengganggu hubungan orang lain dan lain sebagainya, komentar terunik akan mendapat hadiah (ngarep... hehehe), dah intinya komentar aja yang bebas tapi sopan

Tulisan laen yang kagak jelas