Mengunjungi Museum Louvre (Bagian 3)


Pintu masuk Pyramid
Terima kasih sudah bersedia menunggu peluncuran artikel selanjutnya nih. Oke kita lanjut lagi ke bagian tiga dari artikel Mengunjungi Museum Louvre. Karena koleksi artefak (istilah arkeologi untuk menyebut benda-benda kuno hasil prakarya manusia) Museum jumlahnya jutaan dan beragam. Gue coba fokus satu-satu dulu ya. Yuk lanjut study tour-nya, pertama kali gue lihat di bagian bawah setelah pintu masuk kita akan berjalan di lorong yang gede banget. Trus ketemu dengan atap berbentuk piramid yang tembus pandang, karena terbuat dari kaca. 

Di bagian ini merupakan koleksi patung-patung dari perunggu. Keren banget dah koleksi patung perunggunya. Pengerjaan dari pematung yang nampak sangat sempurna menghasilkan patung perunggu yang indah, detail dan cantik. Gue sampe terkagum-kagum, karena bisa dibayangkan kan capeknya pematung membuat patung perunggu maha karyanya, pertama bikin lilin dahulu, trus lilin di buat cetakan dari tanah liat, trus perunggu di siapkan. O iya perunggu merupakan bahan logam campuran dari tembaga dan timah, baik itu timah putih atopun timah hitam. Setelah bahan siap, mulai deh pematung menyiapkan tunggu, gunanya ya itu tadi buat masak tembaga dan timah biar nyatu, mirip-mirip ibu lah kalo di dapur, semua jadi satu masak di kuali hehehe. Setelah semua bahan cair, nih kira-kira butuh pemanasan api 1000 derajat celsius bro (gile panas banget khan). Campuran tembaga dan timah tadi, sekarang namanya jadi perunggu di masukkan ke cetakan yang disiapkan, kemudian didinginkan bro. Gitu kira-kira cara pengerjaannya, rumit banget khan bro dan diperlukan kecermatan yang tinggi untuk menghasilkan karya yang bagus. Kita cuma bisa nikmatinya saja dan terkagum-kagum. Wow keren !
Wilayah kekuasaan pematung ada disini
Photo-photo dulu
Salah satu patung yang gue suka " Berburu rusa"
Lanjut ke bagian tematik bro, masih soal patung sih, kali ini patung-patung yang terkenal. Pernah denger kata "Milo" bro ? Ingetnya pasti merek susu hehehe. Nama Milo itu diambil dari bahasa Yunani bro, nah di Museum Louvre sendiri Patung Venus de Milo merupakan patung yang paling terkenal, setingkat dengan Monalisa kalau di lukisan. Patung Milo sendiri diangkut oleh Perancis langsung dari Yunani bro waktu jaman perang dan di masukkan di Museum Perancis, keren ya rebutan benda-benda sejarah. jadi inget novel The Monument Man, gimana ada tentara yang bertugas menyelamatkan benda-benda sejarah.

patung Milo sendiri gak ada tangannya lagi bro, jadinya ya begitu, berdiri dengan seksinya hehehe, sampe-sampe sarungnya hampir melorot. Yang gue kagum dari patung ini adalah gaya Milo sendiri dan detail banget bro, sampe-sampe lekukan badan dan lipatan kain bisa kelihatan dengan jelas. Padahal patung ini bahannya dari batu marmer, kebayang khan keras banget matungnya, dan gak boleh ada kesalahan sedikit pun, kalo gak ya hancur patungnya. 

Venus de Milo, patung paling terkenal
Patung Jupiter
Sakrofagus, atau peti mati jaman Yunani Kuno
yang ini gue lupa, kayanya patung cewek ya hehehe
yang ini keren, panahnya dari perunggu bro
Ok itu dulu untuk isi artikel kali ini, nanti gue lanjutkan untuk artikel selanjutnya, tetap di tema yang sama Museum Louvre. Salam

Cek juga di tulisan sambungannya di link berikut :
  • Mengunjungi Museum Louvre (Bagian 1)
  • Mengunjungi Museum Louvre (Bagian 2)
  • Mengunjungi Museum Louvre (Bagian 3)
  • Mengunjungi Museum Louvre (Bagian 4 - Tamat)

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan sobat berkomentar bebas di kolom komentar, asal jangan spam dan komentar yang menyinggung perasaan orang lain, ras, agama, mengganggu hubungan orang lain dan lain sebagainya, komentar terunik akan mendapat hadiah (ngarep... hehehe), dah intinya komentar aja yang bebas tapi sopan

Tulisan laen yang kagak jelas