Mengunjungi Museum Louvre (Bagian 1)



pintu masuk Museum Louvre yang berbentuk piramid
Tidak lengkap rasanya mengunjungi Paris tanpa berkunjung ke museum yang paling terkenal di dunia, dimana novelis terkenal dunia, Dan Brown dalam novelnya "The Da Vinci Code" mengambil setting di depan museum ini ? Yup itulah dia Museum Louvre. Museum yang menjadi magnet para turis, karena dalam museum ini bersemayam (hii serem kata-katanya hehehe..) sebuah lukisan yang paling terkenal di dunia. Lukisan apalagi kalau bukan Monalisa, sang gadis misterius karya maestro terkenal Leonardo da Vinci.
Novel yang terkenal karya Dan Brown
(sumber: www.danbrown.com)
Museum Louvre terletak di jantung kota Paris berada di dekat Sungai Seine. Untuk menuju Museum Louvre yang  terdapat di antara Rue de Rivoli (rue artinya jalan), Place du Carrousel dan Quai François Mitterrand, (biar lebih afdhol silakan Googling saja menggunakan Google maps atau petunjuk peta yang lain) anda dapat berjalan kaki (kalau gak capek sih), naik taksi (bagi yang kaya nih), mobil pribadi (kalo minat keliling Paris pake mobil, gue ada teman yang menyewakan mobil di Paris untuk orang-orang Indonesia) atau naik transportasi umum metro atau bus (biasanya gue naik ini). Rute metro dan bus berdasarkan letak dimana anda tinggal, jika anda tinggal di Paris utara akan berbeda rutenya jika anda tinggal di Paris selatan. Untuk lebih jelasnya bagaimana menjangkau Museum Louvre silakan lihat rutenya, sudah gue tulis dengan lengkap.
  • Metro: Stasiun metro Palais-Royal–Musée du Louvre (jalur1).
  • Bus: stop didepan stasiun Pyramid, nomor bus yang melewati jalur ini no. 21, 24, 27, 39, 48, 68, 69, 72, 81, 95, dan Paris Open Tour bus.
  • Mobil pribadi: parkir dibawah tanah dengan pintu masuk di avenue du Général Lemonnier. buka dari jam 7 pagi sampai jam 11 malam
  • Batobus (bus air):  turun di quai François Mitterrand.
  • Dari Bandara Orly ambil kereta cepat RER C, arah Champs de Mars-Tour Eiffel, turun di Saint-Michel-Notre-Dame. Jalan ke arah Saint-Michel ambil bus no. 27, arah Saint-Lazare. turun didepan Pyramid.
  • Dari Charles de Gaulle Airport: ambil kereta cepat RER B, arah Massy-Palaiseau, ganti kereta di Châtelet-les-Halles ke metro no.14, arah Saint-Lazare. Turun di stasiun Pyramides jalan ke arah Louvre (kira-kira 5 menit, kalau lari ya 3 menit lah hehehe). lternatif lain, ambil jalur Metro 1 saat turun di Châtelet-les-Halles, dan turun di Palais-Royal–Musée du Louvre.
  • Stasiun sepeda Vélib (sepeda sewa di Paris):
  • 1. Stasiun No.1015: 2 place A. Malraux
    2. Stasiun No.1023: 165 rue Saint-Honoré
    3. Stasiun No.1014: 5 rue de l’Echelle
    4. Stasiun No.1013: 186 rue Saint-Honoré
Museum Louvre buka setiap hari dari jam 09.00 pagi sampai 18.00 sore, kecuali hari rabu dan jumat, museum buka jam 9.45 pagi. O iya jangan mengunjungi Museum Louvre pada hari selasa, karena Museum tutup, ya kalo nekat berkunjung coba aja. Harga tiket masuk perorang adalah 12 Euro untuk melihat koleksi permanen, untuk melihat koleksi temporary atau exhibition ada harga tiket tambahan lagi yang besarnya bervariasi. Tiket terusan juga ada jika ingin mengunjungi museum pada keesokan harinya, yaitu 42 Euro untuk 2 hari, 56 Euro untuk 4 hari dan 69 Euro untuk 6 hari kunjungan. O iya ada tips khusus dari gue buat orang-orang yang kantong dan dompetnya kejepit untuk masuk museum secara gratis. Museum akan memberikan akses gratis pada awal bulan minggu pertama, tapi ini tidak berlaku pada musim panas ya (kira-kira April sampai September), jadi lumayan khan masuk gratis hemat 12 Euro, bisa beli kebab hehehe.
Pegunjung yang ramai, kapan ya di Indonesia museum bisa seramai ini
Ok begitu dahulu pengalaman gue mengunjungi Museum Louvre, nanti akan saya sambung lagi pada bagian kedua ya. Tunggu saja, salam hangat.

Cek juga di tulisan sambungannya di link berikut :

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan sobat berkomentar bebas di kolom komentar, asal jangan spam dan komentar yang menyinggung perasaan orang lain, ras, agama, mengganggu hubungan orang lain dan lain sebagainya, komentar terunik akan mendapat hadiah (ngarep... hehehe), dah intinya komentar aja yang bebas tapi sopan

Tulisan laen yang kagak jelas