Bahagialah sobat yang puasa di Indonesia



Pertama-tama gue mau ucapin "Selamat menjalankan ibadah puasa" bagi sobat umat muslim yang menjalankan ibadah puasa. Hari ini adalah hari yang berbahagia, betul gak ? mulai hari pertama sahur sampe buka puasa, sudah kebayang di kepala mau buka pasti ada kolak, kolang kaling, cendol, kurma plus banyak makanan yang laen bikinan Emak yang bikin kalap pas makan. Netes dah liur gue :D

Di Indonesia suasana bulan Ramadhan kerasa banget, mulai dari bangun tidur sampe tidur lagi kita semua di naungi suasana Ramadhan. Misalnya nih pas sahur, ada aja anak-anak ato orang-orang yang bangunin kita pas sahur. Biasanya nih yang tipe begini orang-orang yang ronda sekalian bangunin orang sahur, plus yang di rumahnya dekat dengan masjid dah kedengeran tuh suara TOA bangunin orang "SAHUUUUUURRRRRR, SAAAAAHHHHHUUUURRRR".


Belum lagi acara di tipi yang bakalan nemenin kita santap sahur, dah banyak dan beragam tipe acaranya pas sahur, mulai dari banyolan sampe ke curhat-curhatan. Nah pas menjalankan aktivitas sehari-hari juga sama tuh, banyak toko-toko, warung plus restoran yang tutup, minimal gerainya di tutup hordeng ato kaen lah supaya gak ketauan kalo loe lagi makan di dalem hehehe. Modus !

Pas sore sampe malem juga sama. Waktu MAGRIB adalah favorite semua orang yang menjalankan ibadah puasa, betul gak ? Kebayang pas ngabuburit plus rebutan beli makanan di pasar kaget buat buka puasa, karena Emak males masak plus nyari Rendang Jengkol yang sekarang harganya Nauzzubihah ngalahin harga Rendang daging buat buka puasa. Harusnya pemerintah nih mengadakan darurat nasional krisis jengkol. Trus nyari Es Pisang Ijo khas Makasar duh dah iler gue kemana-mana dah 

Pas taraweh juga sama, banyak yang pergi ke masjid, tiba-tiba aje masjid rame (Alhamdulilah sih), kalo loe pasti gue tahu selain ngecengin cewek inceran yang juga tarawih pasti maen petasan bareng sobat-sobat. Nah kalo maen petasan nih favorite gue. Mulai dari petasan cabe sampe petasan banting  dah khatam gue. 

maen petasan pas ramadhan, keep safe sobat pas maen petasan (google)

Masa-masa indah menyambut bulan Ramadhan berbalik 180 derajat pas loe lagi di luar negeri. Kebetulan sekarang lagi musim panas alias sumuk en summer. Nah berdasarkan geografi nih karena Eropa adaanya di ujung utara bakalan kena sinar matahari lebih lama di banding di Indonesia yang berada di tengah-tengah bumi. Alhasil puasa di Eropa bakalan lebih lama. 

Puasa di Eropa juga biasa aja, gak ada yang istimewa karena memang muslim minoritas plus memang kebanyakan orang Eropa gak merayakan secara rame-rame. Gak bakalan nemu orang yang teriak-teriak SAHUR buat bangunin orang, gak bakalan nemu juga acara tipi yang membahas soal puasa hampir 24 jam. Gak ada juga warung ato restoran yang tutup gara-gara Ramadhan. Semua normal seperti hari-hari yang sebelumnya.

Kalo puasa di Eropa pas summer, lumayanlah puasa bisa18 - 21 jam sehari dari sahur sampe Buka. Sekarang sih sekitar jam 9 - 10 malam untuk Magrib. Kebayang khan perjuagan sobat-sobat muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa di Eropa, waktu lebih panjang untuk menahan lapar dan haus. Plus harus bangun lebih awal karena Imsyak yang injury time nya jam 3 pagi.

Jadwal Ramadhan 1436 H di Paris (credit photo : Dimas)
Jadwal Magrib waktu Ferrara, Italia, jam 9 malem :'(

Jadi menurut gue, berbahagialah sobat yang merayakan puasa di Indonesia, selain karena suasananya yang memang kayanya khusuk banget karena hampir tiap orang menjalankan puasa dan gembira merayakannya, selain itu sobat bakalan mudah nemuin aneka kue dan jajanan pasar yang pastinya enak banget, dah kebayang gue es cendol :D. Gue disini makan bakwan aja harus bikin sendiri, biasanya sih tinggal beli aja di Tukang Gorengan, Nasib !

Selamat menjalankan ibadah puasa untuk sobat semua

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan sobat berkomentar bebas di kolom komentar, asal jangan spam dan komentar yang menyinggung perasaan orang lain, ras, agama, mengganggu hubungan orang lain dan lain sebagainya, komentar terunik akan mendapat hadiah (ngarep... hehehe), dah intinya komentar aja yang bebas tapi sopan

Tulisan laen yang kagak jelas