Mengenal investasi deposito, emas, properti, reksadana, unitlink dan saham



Seperti kata pepatah "Hemat pangkal kaya" yang artinya jika kita ingin kaya maka kita harus berhemat. Berhemat merupakan salah satu cara untuk menjadi kaya, namun ada banyak cara lainnya untuk menjadi kaya dan mempertahankan kekayaannya tersebut. Salah satunya adalah dengan jalan investasi di berbagai instrument investasi. Ngomong-ngomong apasih investasi itu ? Investasi adalah suatu istilah yang berhubungan dengan keuangan dan ekonomi. Istilah tersebut berkaitan dengan akumulasi suatu bentuk aktiva dengan suatu harapan mendapatkan keuntungan dimasa depan. Terkadang, investasi disebut juga sebagai penanaman modal. Berdasarkan teori ekonomi, investasi berarti pembelian dan produksi dari modal barang yang tidak dikonsumsi tetapi digunakan untuk produksi yang akan datang barang produksi, jadi sebenarnya investasi adalah cara lain berhemat. 

Saat ini banyak instrument investasi yang disediakan, ada sifatnya yang likuid atau mudah untuk dicairkan menjadi uang, ada juga yang sifatnya tidak likuid, atau susah atau lama dicairkan. Sifat-sifat investasi ini juga mempengaruhi return atau nilai investasi kita. Ingat tidak semua jenis investasi hanya memberikan keuntungan semata, kita juga harus tahu resikonya, yaitu kerugian yang disebabkan nilai investasi kita berkurang. Sebelum kita mulai berinvestasi ada baiknya kita mengenal dahulu macam-macam investasi. Investasi sendiri berdasarkan waktunya terbagi menjadi 3 bagian yaitu : 
  • investasi jangka pendek
  • investasi jangka menengah
  • investasi jangka panjang
Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan beberapa macam investasi secara umum saja, di lain artikel saya akan membahas macam-macam investasi secara lebih mendalam lagi, adapun macam-macam investasi antara lain :
  • Deposito
Yang suka pergi menabung di bank pasti akrab dengan deposito, deposito atau yang sering juga disebut sebagai deposito berjangka, merupakan produk bank sejenis jasa tabungan yang biasa ditawarkan kepada masyarakat. Dana dalam deposito dijamin oleh pemerintah melalui Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) dengan persyaratan tertentu. Deposito biasanya memiliki jangka waktu tertentu di mana uang di dalamnya tidak boleh ditarik nasabah. 

Deposito baru bisa dicairkan sesuai dengan tanggal jatuh temponya, biasanya deposito mempunyai jatuh tempo 1, 3, 6, atau 12 bulan. Bila deposito dicairkan sebelum tanggal jatuh tempo, maka akan kena penalti atau pemotongan atau denda nilai investasi, namun ada beberapa bank yang menerapkan deposito tanpa pinalti. Deposito juga dapat diperpanjang secara otomatis menggunakan sistem ARO (Automatic Roll Over). Deposito akan diperpanjang otomatis setelah jatuh tempo, sampai pemilik deposito mencairkan depositonya. Bunga deposito biasanya lebih tinggi daripada bunga tabungan biasa. Bunga dapat diambil setelah tanggal jatuh tempo atau dimasukkan lagi ke pokok deposito untuk di depositokan lagi pada periode berikutnya.
Kelebihan: likuid, mudah dicairkan, aman karena dijamin pemerintah
Kekurangan : bunga yang tergolong kecil
Suku bunga deposito dari beberapa bank
  • Emas
Emas telah menghasilkan berbagai jenis investasi lainnya untuk kategori investasi jangka panjang, dan merupakan sarana lindung nilai klasik untuk melawan inflasi, menahan nilai dalam ketidakstabilan fluktuasi nilai uang kertas.

Jadi ketika membeli emas Logam Mulia, kita telah menginvestasikan sejumlah dana yang nilainya akan terus menguat dari waktu ke waktu. Emas adalah aset yang menentukan nilainya sendiri. Ia berwujud nyata, mudah dibawa, dapat dicairkan kapan saja dan dimana saja. Emas di produksi  oleh PT ANTAM Tbk.
Kelebihan: likuid, mudah dicairkan atau dijual
Kekurangan : kurang aman jika tidak diletakkan di safe deposit box
Harga emas antam tanggl 28 Mei 2015
  • Properti
Investasi properti bukan sekedar membeli rumah atau tanah saat harga murah lalu menjual kembali ketika harga sedang melambung tinggi, cara ini tidak dapat memberikan keuntungan maksimal karena perlu waktu lama untuk menunggu mendapatkan laba dari kenaikan harga jual rumah atau tanah tersebut. Ada trik untuk membeli investasi properti yaitu 5 L yaitu, lokasi, lokasi, lokasi  lokasi, lokasi. Mengapa lokasi sangat penting, harga rumah di perumahan akan berbeda dengan harga rumah di daerah perkampungan.
Investasi properti bila dibandingkan dengan instrumen investasi lainnya mempunyai beberapa kelebihan yaitu walaupun didiamkan, harga properti akan tetap naik secara otomatis. Properti merupakan instrumen jangka panjang untuk jangka waktu minimal 5 -10 tahun tergantung letaknya atau lokasinya. 
Kelebihan: kenaikan nilai investasi, karena masyarakat masih banyak butuh rumah
Kekurangan :  tidak likuid
Contoh properti yang dijual dari sebuah situs online
  • Reksadana
Reksadana adalah wadah pengelolaan dana/modal bagi sekumpulan investor untuk berinvestasi dalam instrumen-instrumen investasi yang tersedia di pasar keuangan dengan cara membeli unit penyertaan reksadana. Dana ini kemudian dikelola oleh Manajer Investasi (MI) ke dalam portofolio investasi, baik berupa saham, obligasi, pasar uang ataupun efek/sekuriti lainnya. Jadi sebagai investor kita tidak perlu repot-repot lagi meracik investasi kita, biarkanlah manajer investasi yang bekerja untuk menambah pundi-pundi uang kita.
Ada banyak perusahaan sekuritas yang menawarkan reksadana yang menjanjikan keuntungan agar anda menempatkan investasi pada produk reksadana mereka. Cermatlah memilih investasi reksadana, pelajari latar belakang perusahaan dan manajer investasi yang meracik nilai investasi anda. Pastikan bahwa mereka memiliki track record atau rekam jejak yang baik.
Kelebihan: likuid, dikelola oleh Manager Investasi (MI) 
Kekurangan :  nilai investasi terpengaruh pada pasar modal
Beberapa produk reksadana
  • Saham
Saham adalah investasi yang memiliki potensi tingkat keuntungan dan kerugian yang lebih besar dibandingkan media investasi lainnya dalam jangka panjang. Untuk itu Anda perlu mempelajari seluk-beluk investasi saham ini terlebih dahulu, agar Anda bisa terhindar dari kerugian yang tidak seharusnya terjadi. Saham adalah satuan nilai atau pembukuan dalam berbagai instrumen finansial yang mengacu pada bagian kepemilikan sebuah perusahaan. Dengan menerbitkan saham, memungkinkan perusahaan-perusahaan yang membutuhkan pendanaan jangka panjang untuk 'menjual' kepentingan dalam bisnis - saham (efek ekuitas) - dengan imbalan uang tunai. Ini adalah metode utama untuk meningkatkan modal bisnis selain menerbitkan obligasi.

Tempat lain untuk membeli saham selain IDX atau Indonesia Stock Exchange di Indonesia, yaitu Nasdaq atau Nasdaq Stock Market di Amerika Serikat, NYSE atau New York Stock Exchange di New York, SEAQ atau Stock Exchange Automated Quotations di London, Euronext merupakan merger atau gabungan pasar saham antara negara Paris, Amsterdam, dan Brussels, TSE atau Tokyo Stock Exchange di Tokyo, SGX atau Singapore Exchange di Singapura, dan tempat perdagangan lainnya, terdapat kurang lebih 69 tempat perdagangan atau bursa saham di seluruh dunia.
Kelebihan: likuid, mendapatkan dividen atau keuntungan dari perusahaan
Kekurangan :  fluktuatif atau cepat berubah
Nilai saham tanggal 27 Mei 2015 dari beberapa perusahaan

  • Unitlink
Definisi Unit Link adalah produk perusahaan asuransi jiwa yang menggabungkan fungsi proteksi dan investasi. Dalam rencana keuangan, investasi dan proteksi adalah dua hal wajib dimiliki.Dengan membeli produk unitlink, Anda mendapatkan investasi dan proteksi sekaligus. Tidak perlu repot – repot lagi. Semuanya satu paket asuransi plus investasi.

Kelebihan: ada asuransi
Kekurangan :  nilai investasi terpengaruh pada pasar modal
Contoh hasil unit link Asuransi Bumiputera pada tanggal 28 Mei 2015


Perlu kita ketahui bahwa setiap investasi ada resikonya yaitu turunnya nilai investasi, tidak ada investasi yang kebal dari penurunan nilai sehingga kata-kata bijak dari orang tua dulu sangat tepat kiranya "Jangan meletakkan telur dalam satu keranjang" atau jangan hanya terpaku pada satu jenis investasi saja. Demikian tulisan saya mengenal investasi deposito, emas, properti, reksadana, unitlink dan saham. Tulisan ini akan saya sambung pada lain waktu untuk mengenal lebih jauh tentang investasi deposito, emas, properti, reksadana, unitlink dan saham. Semoga bermanfaat

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan sobat berkomentar bebas di kolom komentar, asal jangan spam dan komentar yang menyinggung perasaan orang lain, ras, agama, mengganggu hubungan orang lain dan lain sebagainya, komentar terunik akan mendapat hadiah (ngarep... hehehe), dah intinya komentar aja yang bebas tapi sopan

Tulisan laen yang kagak jelas