Cara pengajuan visa pelajar ke Perancis


Bendera negara Perancis
 Bonjour a tous !

Kali ini saya akan bercerita bagaimana cara mengajukan visa studi ke negara Perancis. Berdasarkan pengalaman saya mengajukan visa pelajar ke Perancis. Sudah tau dong Perancis menjadi salah satu tujuan pelajar-pelajar Indonesia yang ingin melanjutkan studi keluar negeri. Mengapa memilih Perancis ? soalnya di perancis ada menara Eiffel hehehe... ya itu salah satu impian, melihat secara langsung menara paling terkenal didunia, namun yang menjadi sebab utama adalah Perancis merupakan salah satu dari 10 negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia (hm... kapan ya Indonesia dapat masuk 10 besar, mimpi sambil ngelus dada....). Yuk lanjut lagi, gimana sih langkah-langkah pengajuan visa pelajar ke Perancis ? Yuk mari ikuti prosedurnya.
  • Tema-teman harus memiliki ijazah DELF (Diplôme E'études en Langue Française) dengan tingkatan min B1/B2 atau sesuai peryaratan kampus, atau juga ijazah TCF (Test de Connaissance du Français). Beda kedua ijazah ini adalah jika DELF merupakan ijazah yang berlaku seumur hidup, jadi jika teman-teman tamat B1 maka teman-teman bisa melanjutkan lagi ke jenjang B2 tanpa tes lagi, karena dianggap telah lulus. untuk ijazah TCF hanya berlaku 2 tahun saja, setelah itu tidak berlaku lagi sehingga teman-teman harus mengikuti test TCF lagi untuk 2 tahun berikutnya.
  • Teman-teman sudah dapat LoA (Letter of Accepted) atau surat penerimaan dari kampus yang teman-teman tuju.
  • Teman-teman harus mengurus semua dokumen melalui CampusFrance Indonesia, dimana merupakan bahian layanan dari IFI (Institut Français d’Indonésie) yang merupakan badan nasional untuk promosi pendidikan tinggi Prancis yang berada di bawah Kedutaan Besar Prancis. Misinya adalah untuk membantu siswa dalam proses tahapan awal sampai akhir dalam pengajuan visa pelajar.
  • Setelah itu teman-teman harus menyiapkan dokumen antara lain :
  1. Formulir OFII (formulir visa jangka panjang) dapat di download disini >>>download OFII
  2. Foto visa mu ( ingat latar belakang putih)
  3. Foto copy paspor dan paspor asli
  4. Akte kelahiran asli
  5. Akte kelahiran terjemahan Perancis, dapat menghubungi Pak Subandi >>>link
  6. Foto copy reservasi ticket pesawat ke Perancis
  7. Curiculum Vitae (Riwayat hidup)
  8. Motivation Letter (surat motivasi)
  9. LoA (Letter of Accepted) dari kampus yang menerima teman-teman
  10. FC Ijazah terjemahan Perancis, dapat menghubungi Pak Subandi>>>link
  11. Foto kopi Surat keterangan kemampuan bahasa Prancis (DELF/TCF)
  12. Foto kopi « Attestation d’hébergement » atau surat tempat tinggal selama di Perancis
  13. Foto kopi Beasiswa (jika ada)
  14. Foto kopi asuransi perjalanan (travel insurance)
Kemudian semua dokumen teman-teman akan diurus oleh Campus France Indonesia, o iya teman-teman juga akan diwawancara oleh campus France Indonesia, jangan khawatir, Campus France hanya ingin tahu motivasi teman-teman dan memastikan teman-teman dalam melanjutkan studi ke Perancis.

Biaya pembuatan visa jangka panjang adalah 50 Euro (dibayarkan dalam Rupiah). Permohonan visa Anda dilakukan di servis visa kedutaan Prancis setelah melakukan wawancara dan prosedur teman-teman. 

Masukan dokumen Anda ke bagian visa Kedutaan Prancis: 
  • Penyerahan dokumen ke Konsulat Visa : Senin - Jumat mulai pukul 08.00 - 10.00.
  • Untuk pengambilan visa, pihak konsulat akan memberitahukan saat proses penyerahan dokumen.
Konsulat Visa - Kedutaan Prancis di Indonesia
Jl. MH. Thamrin n°20, Jakarta Pusat 10350
(akses via Jl. Sunda)
Tel. : (62-21) 2355 7600
Fax. : (62-21) 2355 7601 

Website penting yang terkait :

2 komentar:

  1. Bagaimana dengan fotokopi rekening bank?

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo, maaf lama baru direply ^ ^
      untuk fotocopy rekening bank hanya diperlukan jika tidak mendapatkan beasiswa, alias biaya sendiri harus melampirkan fotocopy rekening bank

      Hapus

Silakan sobat berkomentar bebas di kolom komentar, asal jangan spam dan komentar yang menyinggung perasaan orang lain, ras, agama, mengganggu hubungan orang lain dan lain sebagainya, komentar terunik akan mendapat hadiah (ngarep... hehehe), dah intinya komentar aja yang bebas tapi sopan

Tulisan laen yang kagak jelas