Google dan kerajaan bisnisnya; ulasan dan motivasi


Google product

Sejarah Google

Siapa yang tidak kenal dengan Google, mulai dari anak-anak sampai kakek nenek semua akrab dengan Google. Jika kita mau bertanya, banyak yang menyarankan tanyalah dengan Mbah Google, karena Google tau semuanya (jangan-jangan Google juga tau isi dompet saya ya hehehe). Yup fenomena Google memang berkembang meluasnya ketergantungan informasi masyarakat melalui jaringan internet. Google muncul disaat yang tepat. Google didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin saat masih mahasiswa Ph.D. di Universitas Stanford. Mereka berdua memegang 16 persen saham perusahaan. Mereka menjadikan Google perusahaan swasta pada tanggal 4 September 1998. Pernyataan misinya adalah "mengumpulkan informasi dunia dan membuatnya dapat diakses dan bermanfaat oleh semua orang", dan slogan tidak resminya adalah "Don't be evil". 

Wow ! misinya sangat membumi dan sederhana sekali, namun justru itu tidak mudah memang membuat informasi yang dapat dakses oleh semua orang. Google harus mencari cara bagaimana informasinya dapat diakses oleh semua orang. Ya dengan mesin waktu... eh mesin pencari, bukankah setiap orang pasti akan mengingatnya. Pastinya teman-teman penasaran dari mana ide kata-kata Google yang unik ini ya. 

Berikut adalah sejarah dari Google dan asal katanya. Pada tahun 1996 Larry Page dan Sergey Brin membuat sebuah mesin pencari yang mereka sebut dengan nama “BackRub” nama ini berasal dari istilah “Back Link”. Namun pada bulan September 1997 terjadi pembicaraan untuk membahas kemungkinan nama yang baru untuk mesin pencari yang lebih canggih. Universitas Stanford tempat Google dilahirkan tepatnya di Kantor Lary Page terjadi pembicaraan serius tentang permasalahan ini. Sean Anderson salah satu karyawan Lary Page kemudian mengusulkan nama “googolplex”. Kemudian Lary Page merespon kata itu dengan menyingkat menjadi googol. Googol sendiri memiliki arti sebuah angka yang sangat besar.yaitu angka 1 dengan angka 0 di belakangnya hingga 100 deret. Kemudian Lary Page duduk di depan komputer dan mencoba melakukan pengecekan ketersediaan nama nomain Googol untuk didaftarkan. Namun Lary Page salah mengeja dan mengetik nama “google.com” alamat tersebut memang tersedia. Ternyata Lary Page suka dengan nama Google itu, beberapa jam setelah itu Lary Page mendaftarkan nama google.com atas nama dirinya dan Sergey Brin. Nama google.com tercatat pada tanggal 15 September 1997. Ternyata GOOGLE berasal dari kesalahan mengeja saat mengetik pendaftaran situs tersebut. Sangat menarik, semua berasal dari ketidaksengajaan. 

Sejak didirikan, pertumbuhan perusahaan yang cepat telah menghasilkan berbagai produk, akuisisi, dan kerja sama di bidang mesin pencari Google. Perusahaan ini menawarkan perangkat lunak produktivitas daring (dalam jaringan), termasuk surat elektronik (surel), paket aplikasi perkantoran, dan jejaring sosial. Kebanyakan dari pendapatan Google berasal dari program periklanan. Untuk keuangan tahun 2006, perusahaan ini dilaporkan mendapat jumlah keuntungan periklanan sebesar $10,492 miliar dan hanya $112 juta pada pendapatan lisensi dan lainnya.

Kantor Google yang nyaman
Google telah membuat layanan dan peralatan untuk lingkungan bisnis dan masyarakat; termasuk aplikasi web, jaringan periklanan dan solusi bagi bisnis.

Aplikasi Pencarian
  • Google Search - Google dikenal luas karena layanan pencarian webnya, yang mana merupakan sebuah faktor besar dari kesuksesan perusahaan ini. Pada Agustus 2007, Google merupakan mesin pencari di web yang paling sering digunakan dengan pangsa pasar sebanyak 53,6%, kemudian Yahoo! (19,9%) dan Live Search (12,9%). Google memiliki miliaran halaman web, sehingga pengguna dapat mencari informasi yang mereka inginkan, melalui penggunaan kata kunci dan operator. Google juga telah menggunakan teknologi Pencarian Web pada layanan pencarian lainnya, termasuk, Pencarian Gambar, Google News, situs perbandingan harga Google Product Search, arsip Usenet interaktif Google Groups, Google Maps dan lainnya.
  • Google Maps - Layanan untuk melihat peta pada aplikasi mobile, dan juga tersedia untuk komputer personal.
  • Google Earth - Layanan dari Google untuk melihat peta Bumi. Merupakan sebuah program pemetaan interaktif yang disediakan oleh satelit dan fotografi udara yang mencakup keseluruhan planet Bumi. Google Earth dianggap sangat akurat dan lebih mendetail.
Google maps
Periklanan
  • Google Adsense - Suatu jasa penawaran iklan kepada pemilik web, dimana iklan tersebut akan dapat ditampilkan pada halaman web yang relevan dengan kata kunci dari iklan tersebut.
  • Google Adwords - Suatu jasa pengiklanan oleh Google, dimana iklan yang tampil hanya iklan yang relevan dengan konten dari halaman web.
Google adsense
Komunikasi
  • Gmail - Pada tahun 2004, Google meluncurkan layanan email berbasis web gratisnya, disebut sebagai Gmail. Gmail memiliki fitur teknologi penyaringan spam dan kemampuan untuk menggunakan teknologi Google untuk mencari surel. Layanan ini mendatangkan keuntungan dengan menampilkan iklan dari layanan AdWords yang dimasukkan dalam isi pesan email yang ditampilkan di layar.
  • Google Drive - Layanan dari Google untuk menyimpan data, yang terhubung dengan layanan Google Docs.
  • Google Docs - Layanan dari Google untuk menyimpan dokumen-dokumen.
  • Google Chrome - Google juga meluncurkan Google Chrome yaitu sebuah browser. 
  • Google Books - Layanan dari Google untuk melihat dan mencari buku.
  • Android - sebuah platform perangkat lunak dan sistem operasi bagi perangkat bergerak yang didukung Open Handset Alliance, sebuah konsorsium yang terdiri dari 34 perusahaan perangkat lunak, perangkat keras, dan telekomunikasi yang bertujuan mengembangkan standar terbuka bagi perangkat bergerak. 
  • Google SMS - Bulan Oktober 2007, layanan Google SMS diluncurkan di India dan membolehkan pengguna memperoleh daftar bisnis, jadwal pemutaran film dan informasi dengan mengirim pesan singkat.
  • Google Analytics - Sebuah layanan yang berisikan peralatan bagi para webmaster untuk menganalisis pengguna web nya.
Hiburan
  • Google Video - Pada awal 2006, perusahaan ini meluncurkan Google Video, yang tidak hanya membolehkan pengguna untuk mencari dan melihat video secara gratis, tetapi juga membolehkan pengguna dan penyebar media menyebarkan isinya, termasuk acara-acara televisi CBS, pertandingan basket NBA, dan video musik
Google video

Biodata Google 
Jenis                   : Terbuka
Simbol saham  : NASDAQ: GOOG
                              NASDAQ-100 Component
                              S&P 500 Component
Industri/jasa      :Internet
                              Perangkat lunak komputer
                              Perangkat telekomunikasi
Didirikan            :Menlo Park, California, A.S. (4 September 1998)
Pendiri                :Sergey Brin, Larry Page
Kantor pusat      :Googleplex, California, Amerika Serikat
Daerah layanan :Seluruh dunia
Tokoh penting  :Eric Schmidt (Pimpinan Eksekutif), Larry Page (Pendiri & CEO), Sergey Brin                               (Pendiri)
Pendapatan       ▲ US$ 50,18 miliar (2012)
Laba usaha        ▲ US$ 12,76 miliar (2012)
Laba bersih        ▲ US$ 10,74 miliar (2012)
Jumlah aset        ▲ US$ 93,80 miliar (2012)
Jumlah ekuitas  ▲ US$ 71,72 miliar (2012)
Karyawan            : 53.891 (Q1 2013)
Situs web            : google.com


Begitu kira-kira kekuatan dahsyat perusahaan Google, oiya tahun 2013 server Google sempat down selama 5 menit, dan web trafik diseluruh dunia turun 40%, beritanya di link ini. Wow ! bayangkan saja besarnya pengaruh Google di internet. Memang pantas Google disebut kerajaan.

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan sobat berkomentar bebas di kolom komentar, asal jangan spam dan komentar yang menyinggung perasaan orang lain, ras, agama, mengganggu hubungan orang lain dan lain sebagainya, komentar terunik akan mendapat hadiah (ngarep... hehehe), dah intinya komentar aja yang bebas tapi sopan

Tulisan laen yang kagak jelas