Belajar bahasa Perancis (Dasar 1)




Pernah menonton TV 5 Monde atau TV berbahasa Perancis yang lain ? atau mungkin tema-teman pernah menonton film-film Perancis seperti "Amelia" yang terkenal itu ?. Ketika teman-teman menonton acara tersebut, bagi teman-teman yang tidak mengerti bahasa perancis pasti akan kesulitan mengikuti, terdengar di telinga seperti lebah berdengung hehehe.

Jangan khawatir hal tersebut tejadi juga dengan saya ketika saya akan melanjutkan studi ke Perancis di tahun 2013, saya yang dari kecil tidak pernah berbahasa Perancis, harus mengucapkan dan belajar berbahasa Perancis. Pengalaman yang bikin saya panas dingin hehehe. Menurut survei, bahasa perancis adalah bahasa terindah di dunia, hal ini bisa saja terjadi. Berdasarkan pengalaman saya, ketika teman saya marah, saya pikir dia bernyanyi karena menurut saya dia berintonasi dengan sangat bagus saat bertutur bahasa Perancis. 

Dari pada ngalor ngidul yuk kita mengenal bahasa Perancis. Ingat ada hukum untuk berbahasa perancis ya seperti huruf "s" untuk akhiran gak di baca, seperti "tres" (di baca "tre") dan huruf awalan "h" juga tidak dibaca seperti "harry" (dibaca "ari"). Mudah kan jika sudah tau hukum membacanya.

Yuk kita belajar awalan dulu saya, dia, kamu dan kita (je,tu, vous, il(s), elle(s))
  • Je artinya saya 
  • Tu artinya kamu (informal) 
  • Vous artinya anda (formal), kalian 
  • Nous artinya kita 
  • il artinya dia (laki2) 
  • Elle artinya dia (perempuan). 
  • ils artinya mereka laki-laki jamak
  • Elles artinya mereka perempuan jamak
Contoh :  je t’aime : Saya mencintaimu 
tu m’aimes : Kamu mencintaiku 
il t’aime : Dia (laki-laki) mencintaimu
elle t’aime : Dia (perempuan) mencintaimu

Demikianlah dasar-dasar belajar bahasa Perancis, nanti akan saya sambung lagi pada bagian berikutnya. Salam

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan sobat berkomentar bebas di kolom komentar, asal jangan spam dan komentar yang menyinggung perasaan orang lain, ras, agama, mengganggu hubungan orang lain dan lain sebagainya, komentar terunik akan mendapat hadiah (ngarep... hehehe), dah intinya komentar aja yang bebas tapi sopan

Tulisan laen yang kagak jelas